Freon AC Mobil Kurang! Duh! Harus Gimana??

Seperti yang kita ketahui Bersama, freon adalah sebuah bagian dalam AC mobil yang tidak bisa disepelekan karena komponen ini memiliki peran penting dalam sistem kinerja AC mobil.

Freon atau juga yang dikenal sebagai refrigerant merupakan fluida (berupa cairan) yang mengalir dalam sistem AC mobil dan termasuk senyawa kimia yang tidak memiliki warna, tidak berbau dan juga tidak mudah terbakar.

Fungsi dari freon itu sendiri adalah untuk menyerap panas dari kabin, sehingga suhu dalam kabin bisa menjadi lebih dingin.

Jika Anda menyalakan AC mobil dan suhunya terasa kurang dingin, maka bisa jadi ini disebabkan karena Freon dalam AC mobil yang tidak mencukupi atau berkurang. Biasanya ini yang menjadi indikasi pertama.

Jika Anda hendak mengisi ulang Freon AC mobil, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

 #1 Ketahui Freon Apa yang Digunakan pada AC Mobil Anda

Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan agar Anda dapat mengetahui freon jenis apa nantinya yang akan Anda beli,

Mengapa demikian?

Karena tidak semua sistem pendingin udara menggunakan freon dengan jenis yang sama. Penting juga untuk Anda ketahui seberapa banyak sisa freon yang ada pada AC mobil Anda.

#2 Ketahui Kobocoran yang Terjadi

Pendingin udara yang Anda gunakan merupakan sistem loop tertutup. Dan tidak seperti gas di mobil Anda, freon tidak dapat hilang begitu saja.

Jika Anda merasakan udara yang dihasilkan pada AC mobil kurang dingin, ini bisa terjadi akibat adanya kebocoran.

#3 Apakah Perlu Melakukan Tes Kebocoran?

Perlu tidaknya melakukan tes kebocoran, semuanya tergantung dari Anda dan juga kondisi AC mobil yang Anda gunakan.

Jika Anda tidak pernah mengisi freon pada sistem yang digunakan, maka Anda dapat melakukan perbaikan secara langsung. Namun jika Anda memang biasa mengecek kondisi Freon di setiap kali service rutin, maka ada kemungkinan kebocoran saat udara AC mobil tidak dingin.

Dengan demikian, tes kebocoran diperlukan sebelum menambahkan refrigeran.

Sebagai informasi, ada baiknya jika Anda melakukan pegnecekan rutin seperti service ringan dengan rentang waktu sekitar 6 bulan sekali atau setiap kendaraan Anda sudah menempuh jarak 10.000 KM.  

#4 Tes Kebocoran Seperti Apa yang Akan dilakukan?

Setiap teknisi memiliki pendapat yang berbeda mengenai pengetesan kebocoran freon, hal ini disesuaikan dari pengalaman teknisi yang mengerjakan pengetesan tersebut.

Ada alat yang dapat mengidentifikasi freon yang keluar dari sistem, yang biasanya digunakan oleh teknisi saat mengecek kondisi AC mobil.

Dan yang terpenting adalah teknisi Anda sebaiknya merinci setiap jenis tes dan biaya yang diperlukan untuk penggantian komponen yang memerlukan perbaikan.

Memilih teknisi juga harus yang terpercaya dan terbukti berpengalaman agar masalah AC mobil Anda diberikan solusi yang tepat dan benar.

PT Tangguh Teknik Indonesia menjamin pengerjaan service ac mobil dilakukan oleh teknisi berpengalaman dan memberikan garansi 1 tahun untuk setiap pelanggannya.

#5 Bagaimana dengan Perbaikan dan Berapa Biayanya?

Besar tidaknya perbaikan yang diperlukan, semua tergantung dari hasil pengecekan yang telah dilakukan.

Jika masalah yang didapati merupakan masalah ringan maka dapat diperbaiki dengan cepat, atau bisa juga ditemukan masalah yang lebih signifikan seperti penggantian cooling coil atau condenser.

Berbicara mengenai biaya, ini tergantung dari seberapa besar perbaikan yang diperlukan dan juga jenis freon yang Anda gunakan.

Lakukanlah pengecekan dan perbaikan oleh teknisi profesional sehingga Anda mendapatkan rincian masalah yang spesifik dan juga solusi yang tepat atas masalah AC mobil Anda.

Jika Anda memiliki keluhan mengenai AC mobil, Anda bisa kunjungi website kami di spesialisacmobil.com dan percayakan AC mobil Anda pada teknisi berpengalaman dari Tangguh Teknik Indonesia.

Kunjungi bengkel resmi kami di:

Tangguh AC Mobil
Jl. Raya Serpong KM07 No. 10C
Pakulonan – Alam Sutera
Tangerang Selatan
No. Telp: 0811.1230.0092

AC Mobil Supercool
RT.4/RW.4, Meruya Utara,
Kembangan, Kota Jakarta Barat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620
No. Telp: 0812.5355.3330

Sumber Referensi :
1. Brian Schutt. 25 Maret 2014. What Should I do When My Air Conditioner is Low on Freon. trusthomesense.com – https://bit.ly/2TT8UnJ
2. Teknik Otomotif. Fungsi Freon atau Refrigerant pada Sistem AC Mobil. teknik-otomotif.com – https://bit.ly/2FssUor

Sumber Gambar :
1. Female Driving Mad – https://goo.gl/SKBku6

About the author

Leave a Reply