AC Mobil Bunyi! Tanda Kerusakan?

Saat berkendara dan menikmati perjalanan dengan menyalakan AC mobil, Anda tentu akan terganggu dengan suara bising atau bunyi yang terdengar aneh.

Keluhan umum dari para pengendara mobil saat menyalakan AC mobil adalah terdengarnya bunyi berisik saat AC mobil dinyalakan.

Saat hal ini terjadi pada mobil Anda, tentu Anda akan bertanya-tanya, kerusakan apa yang sedang terjadi dengan AC mobil Anda?

Simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui penyebabnya.

Ada Apa dengan Bunyi Tersebut?

AC yang terdapat dalam mobil Anda, sebenarnya telah dirancang sedemikian rupa agar Anda bisa mendapatkan kenyamanan dari hembusan angin sejuk yang menyegarkan.

Tentunya selain udara sejuk yang dikeluarkan, AC mobil juga sudah diatur agar tidak mengeluarkan bunyi yang berisik.

Ketika AC mobil mengeluarkan suara berisik, tentu ada kesalahan dan kerusakan dari AC mobil Anda.

Penyebab umum AC mobil mengeluarkan bunyi  berisik adalah karena kompresor AC yang rusak, sabuk serpentine(kita sering menyebutnya v-belt) yang aus atau kopling kompresor AC yang sudah berusia dan perlu diganti.

#1 Kompresor

Kompresor memiliki peranan yang sangat penting bagi sistem pendingin mobil Anda, dan jika kompresor mengalami masalah atau mulai gagal dalam berfungsi dengan semestinya, ini dapat menimbulkan bunyi pada AC mobil Anda.

#2 Pulley Kompresor

Periksa pulley pada AC mobil Anda. Jika bantalan pulley kompresor gagal melakukan fungsinya, ini juga dapat mengeluarkan suara yang cukup mengganggu.

#3 Sabuk / Belt

Sabuk serpentin atau lebih kita kenal sebagai v-belt berfungsi untuk memutar pulley pada kompresor AC dan memberi tekanan pada saluran pendingin.

Ketika AC mobil dinyalakan, v-belt dapat tergelincir ketika bersinggungan dengan kompresor sehingga AC mobil mengeluarkan bunyi berisik.

Bunyi yang dikeluarkan oleh AC sendiri berbeda-beda dimana hal ini juga menandakan masalah yang berbeda pula.

Misalnya AC mobil Anda mengeluarkan suara berderit yang keras, maka ini bisa saja menandakan adanya masalah pada v-belt.

Ataupun suara yang keluar berupa suara yang mendengung, ini dapat menandakan bahwa kompresor AC Anda mulai memburuk dan tentunya perlu diganti.

#4 Kopling Kompresor

Kopling kompresor termasuk salah satu bagian yang cepat aus.

Jika kopling kompresor yang digunakan pada mobil Anda telah usang, ini dapat mengakibatkan AC mengeluarkan bunyi berisik.

Untuk menanggulangi masalah yang satu ini, Anda mungkin hanya perlu untuk mengganti koplingnya saja namun jika sudah parah maka sebaiknya Anda mengganti kompresornya juga.

Masalah Lainnya

Sebenarnya masih banyak sumber potensial bunyi ataupun kebisingan yang terjadi pada AC mobil Anda.

Misalnya saja, ketika AC mobil mulai dinyalakan maka ini akan menambah beban mesin Anda.

Nah, peningkatan beban ini dapat menimbulkan bunyi dari beberapa bagian, seperti pulley pompa power steering yang longgar, bahkan batang penyangga kap yang longgar dapat berdetak di bawah getaran yang timbul saat Anda mengoperasikan AC mobil.

Anda berdomisili di Tangerang dan AC mobil Anda mengeluarkan bunyi berisik? Segera kunjungi bengkel AC mobil terpercaya dari Tangguh AC mobil.

Jika Anda memiliki keluhan atau masalah seputar AC mobil, Anda bisa kunjungi website kami di spesialisacmobil.com dan percayakan AC mobil Anda pada teknisi berpengalaman dari Tangguh Teknik Indonesia.

Kunjungi bengkel resmi kami di:

Tangguh AC Mobil
Jl. Raya Serpong KM07 No. 10C
Pakulonan – Alam Sutera
Tangerang Selatan
No. Telp: 0811.1230.0092

AC Mobil Supercool
RT.4/RW.4, Meruya Utara,
Kembangan, Kota Jakarta Barat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620
No. Telp: 0812.5355.3330

About the author

Leave a Reply