Kenapa Ya AC Mobil Saya Panas? Mungkin Ini Penyebabnya!

Setiap pengguna AC mobil pasti berharap mendapat kenyamanan saat berkendara, terlebih jika berkendara pada siang hari yang begitu terik ataupun dalam cuaca panas.

AC mobil menjadi sebuah kebutuhan yang sangat diperlukan dalam berkendara.

Namun bagaimana jika AC mobil tidak bekerja sebagaimana mestinya? Tentu ini bisa menjadi sebuah petaka, bukan?

Ada begitu banyak keluhan akan AC mobil yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, misalnya AC yang mengeluarkan udara panas, berbau tidak sedap ataupun masalah-masalah lainnya.

Selain itu, hal yang paling membuat kepala panas tentunya jika Anda telah merogoh kocek dalam jumlah yang cukup banyak namun AC mobil Anda masih belum bekerja maksimal.

Mengapa Udara yang Dihasilkan Tidak Dingin?

Jika AC mobil yang Anda gunakan tidak mengeluarkan udara dingin melainkan udara yang panas, berikut ini bisa menjadi penyebab masalahnya:

#1 Extra Fan Rusak

Kipas pendingin yang rusak dapat menyebabkan kurangnya udara dingin yang keluar dari  kondensor, sehingga dapat menyebabkan AC mobil Anda menghembuskan udara  panas.

Kipas benar-benar dapat rusak, seperti motor yang terbakar akibat dari pemasangan yang tidak sesuai, atau juga dapat mengalami masalah listrik seperti sekering atau relai yang terbakar.

#2 Kondensor Tersumbat

Kondensor berguna untuk mendinginkan refrigeran yang dikompres, yang berasal dari kompresor dan menggunakan udara yang dilalui mobil Anda.

Tanpa kondensor, refrigeran akan tetap panas.

Karena kondensor ada di bagian depan kendaraan, maka akan ada peluang untuk tersumbat oleh kotoran yang berasal dari jalananan seperti dedaunan, dan berbagai sampah lainnya.

Lakukan Inspeksi visual yang cepat dari kondensor melalui melalui teknisi terpercaya Anda untuk dapat membantu mengetahui apakah kondensor tersumbat

#3 Refrigeran Rendah

Refrigeran yang rendah bisa jadi karena adanya kebocoran akibat koneksi longgar ataupun karena selangnya sudah cukup lama digunakan.

Kebocoran ini dapat menyebabkan sistem pendingin udara Anda berhenti menghembuskan udara dingin.

#4 Kondensor yang Digunakan Sudah Rusak

Selain karena kondensor yang tersumbat, bisa jadi kondensor Anda juga telah rusak.

Kerusakan pada kondensor biasanya akibat puing-puing ataupun benda keras yang mengenainya sehingga dapat mengakibatkan kerusakan.

#5 Masalah pada Kelistrikan

Udara yang panas mungkin juga diakibatkan oleh gangguan pada listrik dalam sistem AC mobil.

Sama seperti pada kipas dan kondensor, gangguan listrik dapat menyebabkan sistem tidak berfungsi dengan semestinya lagi hanya karena koneksi yang buruk atau sensor yang rusak.

Masalah listrik dapat mencakup sinyal yang salah dari sistem yang disebabkan oleh kabel yang rusak atau modul yang buruk.

Bisa juga karena sensor yang buruk dapat menyebabkan sistem mati atau bahkan sensor pada motor penggerak yang menyebabkan sistem mati secara tidak sengaja.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan AC mobil yang digunakan mengeluarkan udara panas.

Jika Anda memiliki keluhan mengenai AC mobil, Anda bisa kunjungi website kami di spesialisacmobil.com dan percayakan AC mobil Anda pada teknisi berpengalaman dari Tangguh Teknik Indonesia.

Kunjungi bengkel resmi kami di:

Tangguh AC Mobil
Jl. Raya Serpong KM07 No. 10C
Pakulonan – Alam Sutera
Tangerang Selatan
No. Telp: 0811.1230.0092

AC Mobil Supercool
RT.4/RW.4, Meruya Utara,
Kembangan, Kota Jakarta Barat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620
No. Telp: 0812.5355.3330

About the author

Leave a Reply